Kalo di hari pertama peserta diajarkan tips untuk memulai usaha, di
hari kedua ini peserta diberikan dua modul yang dibawakan oleh kak Desy
Sitompul terkait Merencanakan Pemasaran Digital.
Penulis novel dan blogger bercerita pentingnya medsos untuk usaha mereka |
Media pemasaran digital saat
ini banyak digunakan untuk mendukung usaha. Media Sosial adalah yang paling
hits karena hampir setiap orang punya akun medsos di era digital sekarang ini.
“130 juta dari 265 juta masyarakat Indonesia
adalah pengguna aktif media sosial, dan 120 juta dari 177 juta pengguna
handphone di Indonesia adalah orang yang aktif di media sosial.”
Berdasarkan data
tersebut, wajar saja jika media sosial dianggap sebagai sarana pemasaran
digital yang cukup efektif di jaman sekarang.
Emak-emak pada semangat belajar |
Apa saja sih media
sosial yang paling diminati di Indonesia?
Youtube, Facebook dan
Instagram adalah tiga media yang paling diminati. Alasannya cukup miris, yaitu
karena rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Lebih suka melihat foto,
gambar atau video daripada melihat dan membaca tulisan yang relatif lebih
panjang.
Media sosial
memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain secara online
dan dapat bertukar informasi (foto, video, teks, audio, dll) dalam komunitas
virtual.
Apa sih peran penting medsos untuk usaha ?
Pertama, Brand awareness.
Kita bisa membangun
brand awareness yang memungkinkan orang lain mengetahui ciri khas atau
karakteristik brand produk. Kalo orang udah tau, mereka akan mencoba
membelinya, bahkan jika mereka suka, dengan senang hati akan kembali lagi.
Gimana caranya?
Dengan sering posting
konten gambar, teks, dan video tentang produk dan usaha dong.
Kedua, Berinteraksi dengan Pelanggan
Dengan adanya sosmed,
kapanpun dan dimanapun penjual bisa berinteraksi dengan pelanggan. Tanya jawab
produk, share foto produk, komplen, agar pelanggan merasa dekat dengan brand
produk yang ditawarkan.
Ketiga, Mengedukasi Pelanggan
Gimana cara edukasi
pelanggan? Dengan share foto produk, tanya jawab tentang produk, posting konten
terkait produk, yang pada akhirnya pelanggan akan memahami produk yang dijual.
Keempat, Menawarkan Promosi
Dengan adanya promo atau
giveaway misalnya, pelanggan akan
semakin tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang dijual.
Dari banyaknya media
sosial yang ada, kita dapat memilih medsos yang tepat untuk pemasaran produk.
Untuk produk fashion hijab misalnya, youtube lebih efektif digunakan. Misalnya
dengan membuat video tutorial memasang hijab segiempat. Pasti pelanggan akan
lebih paham dan ingin mencoba sendiri.
Posting di medsos pun
akan lebih efektif jika kita mengetahui tips dan trik nya, antara lain :
1. Pelajari target market, yaitu dengan
mengidentifikasi demografi (usia, kelamin, pekerjaan) dan memahami karakteristik (gaya bahasa, brand
favorit, dan konten favorit)
2. Buat konten media sosial yang berhubungan dengan produk, misalnya cara merawat wajah untuk produk kecantikan. Jangan
sampai nggak nyambung konten dengan produk ya, karena pelanggan akan bingung
nantinya.
3. Berinteraksi dengan baik ke pelanggan, misalnya segera merespon keluhan pelanggan terhadap produk atau
pelayanan, respon komentar pelanggan (dengan like, love, dll), menggunakan
bahasa yang baik dan respon positif.
4. Fokus pada kualitas konten dibandingkan kuantitas. Lebih baik konten sedikit tapi langsung mengena ke produk dan
pelanggan.
5. Pelajari waktu terbaik untuk posting. Cobalah posting di waktu yang berbeda dan perhatikan reaksi
target market. Ikuti aktifitas target market dengan posting di waktu-waktu
mereka aktif melihat medsosnya.
6. Ikuti tren sosial yang terkenal di industri. Misal, trend celana panjang yang menyempit ke bawah, tren banana
cake, dan lainnya.
7. Gunakan hashtag populer. Misal #OOTD dan
#shafeeya untuk produk fashion atau #makanenakmedan untuk produk makanan.
Materi-materi untuk
bisnis juga bisa kita pelajari di Google Primer dengan terlebih dahulu
mengunduhnya di playstore.
Mmm,, satu lagi.
Bagaimana caranya agar di
mesin pencari google, bisnis kita bisa langsung terlihat di halaman pertama
pencarian? Daftarin bisnis di Google My
Business jawabannya. Segera unduh, isi info bisnis yang diperlukan, dan
kita bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan google untuk mendukung
bisnis kita.
Lengkap sudah materi di
kelas WomenWill yang mamak ikuti selama dua hari. Senengnya lagi, mamak jadi kenalan ama emak-emak pengusaha di kota Medan dan sekitarnya. Bisa belajar dari mereka-mereka yang udah sukses di usahanya.
Contoh usaha blog yang sudah daftar di Google My Business |
Teori sih mudah ya,, yang
susah itu melakukannya dengan konsisten dan pantang menyerah walau bisnis nya
jatuh bangun.
Kalo kata pembicaranya,
semakin jatuh harus semakin semangat menjalankan bisnis. Saat berada di
titik terendah itulah pertanda seorang pengusaha makin dekat dengan SUKSES.
Nggak percaya? Jalankan bisnismu sekarang dan buktikan sendiri.
Oiya, yang ingin mendaftar untuk ikutan kelas WomenWill, bisa langsung daftar dengan klik link berikut ya.
http://bit.ly/daftarwomenwillmedan
https://bit.ly/daftargapuramedan
Oiya, yang ingin mendaftar untuk ikutan kelas WomenWill, bisa langsung daftar dengan klik link berikut ya.
http://bit.ly/daftarwomenwillmedan
https://bit.ly/daftargapuramedan
No comments
Post a Comment